Proses Terjadinya Petir

Proses Terjadinya Petir – (HeadLine Bola) Petir adalah pelepasan muatan listrik dari awan dan menimbulkan cahaya yang sangat terang diiringi suara keras yang menggelegar. Petir memiliki kekuatan luar biasa yang dapat menghancurkan pohon, membunuh manusia, bahkan menghancurkan bangunan. Kecepatannya mencapai 150.000 km/detik sehingga tidak mungkin bagi manusia untuk menghindarinya. Muatan listrik pada petir juga luar biasa sekitar 1.000.000 volt/meter.

 

Sebelum petir menampakkan dirinya, awan-awan menjulang tinggi yang berbentuk bunga kol raksasa berwarna keabuan yang disebut awan Comulunimbus akan datang terlebih dahulu. Hal yang kerap ‘dikunjungi’ petir sebagai tempat pelepasan energinya adalah benda-benda yang menjulang tinggi seperti pepohonan, bangunan bertingkat, dan tiang-tiang besi berujung runcing.

Tahapan yang terjadi adalah : terjadinya penumpukan muatan listrik pada awan petir. Muatan yang ada pada atas awan adalah tumpukan muatan positif, bagian tengah bermuatan negatif dan bagian bawahnya bermuatan campuran. Setelah muatan listrik mengalami pemampatan, maka pelepasan muatan terjadi seketika diiringi pijaran api dan ledakan.

Petir dapat terjadi antara gumpalan awan yang satu dengan yang lainnya, awan dengan udara, awan dengan bumi, ataupun di dalam awan itu sendiri. Petir yang terjadi antara awan dan bumi atau tanah lah yang sangat berbahaya karena dapat menyambar tanpa ampun apapun yang ada di bumi.

Besarnya muatan listrik yang ada pada awan yang memicu petir minimal 1.000.000 volt. Dengan muatan itu manusia yang tersambar akan terpental dan tewas seketika dengan tubuh gosong terbakar. Jika petir itu menyambar bangunan, bangunan itu akan mengalami kerusakan dan perangkat elektronik yang ada di dalamnya akan rusak.

Semoga artikel Inilah Cara Mengatasi Anak Takut Petir dari Jasa, Jual dan Pasang Penangkal Petir Di Jakarta Terbaik Ini, / Penangkal Petir Terbaik ini dapat berguna bagi Anda yang membutuhkan Penangkal Petir untuk rumah pabrik, gedung, kebun, sekolah Anda.

2 thoughts on “Proses Terjadinya Petir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *